Entrepreneurship : Never Give Up!

Entrepreneur

Salah satu kegembiraan menjadi seorang Entrepreneur adalah apabila kita mampu memperkerjakan orang yang dibelakangnya memiliki keluarga yang perlu dihidupi melalui nafkah lahir. Namun untuk mendapatkan kegembiraan tersebut tidak mudah, namun tidak juga sulit. Semangat pantang menyerah harus dimiliki oleh setiap Entrepreneur, baik bagi yang telah sukses dan berhasil, terlebih lagi bagi para pemula atau yang baru mulai merintis usaha.

Ujian yang datang dari luar dan dalam, atas dan bawah serta depan belakang, terkadang membuat kita patah arang dan ingin berhenti dalam menjalankan usaha. Namun kita harus gigih dan sabar, sambil terus memotivasi diri agar terus berjuang dan pantang menyerah. Agar kita mampu terus bertahan dan terus berjuang serta pantang menyerah, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, diantarnya adalah :

Luruskan dan Kuatkan Niat

Dengan niat yang tulus dan lurus karena Allah taala, bahwa kita melakukan usaha ini semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT dan ingin menafkahi keluarga, insya Allah kita akan mampu bertahan dalam menghadapi segala cobaan, tantangan dan rintangan dalam berusaha. Selain itu, kita perlu menguatkan niat kita dalam berwirausaha, dengan niat yang kuat, insya Allah kita tidak akan mudah tergoda untuk berhenti dalam berusaha.

Senantiasa Bersyukur

Kemampuan kita dalam  mensyukuri setiap hal yang Allah SWT berikan kepada kita, seburuk apapun kondisi yang kita hadapi, akan membawa kita kepada pemberian Allah SWT yang lebih baik lagi. Kita patut mengingat bahwa dibalik kesusahan selalu ada kemudahan. Dibalik kesulitan selalu ada kebahagiaan. Jadi disaat kita mendapatkan kegagalan atau keterpurukan, ingatkan bahwa keberhasilan dan kesuksesan sedang menunggu kita, yang perlu kita lakukan adalah terus berjuang dan berusaha.

Senantiasa Berdo’a

Do’a adalah senjata yang maha dahsyat yang harus dimiliki oleh setiap Entrepreneur. Ketika do’a telah dikabulkan oleh Allat SWT, tidak akan ada yang mampu menghalanginya. Ketika Allah SWT telah membukakan jalan kemudahan dan kesuksesan bagi kita, maka tidak akan ada yang dapat menghalanginya. Jadi, kita harus senantiasa berdo’a sejak kita akan memulai sebuah usaha, saat menjalankannya, saat keadaan sedang sulit, hingga disaat kita telah sukses.

Senantiasa Belajar

Dengan belajar, kita jadi mengetahui dan memahami banyak hal. Selain belajar mengenai hal-hal yang bersifat teknis seperti produk, sistem, manajemen dan strategi marketing, kita juga harus senantiasa belajar dari pengalaman, kegagalan dan kesuksesan orang lain, sehingga kita mampu mengambil pelajaran berharga dari orang lain. Belajar bisa kita lakukan dengan beragam cara seperti membaca buku, searching di internet, mengikuti seminar dan workshop atau langsung belajar dari para pengusaha melalui pertemanan dan bergabung di komunitas.

Selalu Bangkit dan Berjuang

Seperti anak kecil yang sedang belajar berjalan, mereka selalu bangkit dan tidak pernah menyerah untuk mencoba berjalan hingga akhirnya mereka mampu berjalan dengan baik dan berlari. Kita pun harus demikian, kita harus selalu mencoba untuk bangkit dan berjuang dalam setiap kegagalan yang kita hadapi. Untuk memudahkan kita, bertemanlah dengan orang-orang baik yang dapat mendorong kita untuk senantiasa tabah, sabar, ikhlas dan terus berjuang menuju keberhasilan.

Dengan melakukan beberapa hal di atas, insya Allah kita akan senantiasa mampu berjuang dan pantang menyerah, selain masih ada banyak hal lainnya yang perlu kita lakukan untuk menguatkan diri kita. Untuk itulah kita perlu senantiasa mencari pengetahuan dan belajar banyak hal, agar pengetahuan kita bertambah dan menjadi modal untuk kita menggapai kesuksesan. Salam Sukses Mulia.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *