Jakarta Batik Carnival II – 2014

Jakarta Batik Carnival II - 2014
Jakarta Batik Carnival II – 2014

 

 

Batik Indonesia sudah ada sejak abad XIII, merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita, konon mengawali tradisi membatik di atas daun lontar. Warisan adiluhung tersebut telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda tingkat dunia pada 2 Oktober 2009. Kita patut mensyukurinya. Kini batik Indonesia kian berkembang dalam bentuk dan corak warna yang kian beragam.

Batik tidak hanya terbatas sebagai pakaian formil, namum mampu dikenal sebagai busana elegan dan muncul ke berbagai kalangan dan kelas sosial. Batik telah masuk dan berkontribusi dalam perkembangan dunia fesyen. Para desainer pun penuh semangat berkreasi dan memunculkan seni batik Indonesia di dunia internasional.

Jakarta yang merepresentasikan Indonesia pada dunia juga memiliki kekhasan dalam ragam dan corak batiknya. Batik Betawi perlahan tapi pasti telah mengambil perhatian dari warga Jakarta dan juga masyarakat Indonesia. Melalui Jakarta Batik Carnival, Batik Betawi akan semakin diperkenalkan kepada khalayak ramai dengan sebuah harapan agar Batik Betawi semakin lestari dan dimanfaatkan oleh warganya untuk berbagai hal, mulai dari edukasi hingga untuk kebutuhan ekonomi. Semoga penyelenggaraan Jakarta Batik Carnival dapat memberikan manfaat mendalam bagi segenap warga Jakarta, khususnya yang berkreasi dan berkarya untuk kemajuan bangsa Indonesia Raya di kancah dunia internasional.

 

Tujuan

  1. Melestarikan batik sebagai warisan budaya kekayaan dunia yang telah diakui oleh badan dunia PBB untuk pendidikan dan kebudayaan, UNESCO
  2. Mengenalkan Batik Betawi dengan keunikan ragam motif dan coraknya kepada warga Jakarta khususnya dan masyarakat Indonesia serta dunia pada umumnya
  3. Mendorong kecintaan anak-anak dan orang tua terhadap batik, khususnya Batik Betawi, agar memanfaatkan Batik sebagai media belajar dan berkreasi
  4. Memberikan media yang positif bagi warga Jakarta untuk berkreasi dengan memanfaatkan kekayaan khazanah Batik Betawi dan Batik Nusantara melalui kegiatan karanval budaya

 

PROGRAM KEGIATAN

Nama Acara : Jakarta Batik Carnival

Tema Acara : Batik Untuk Semua

Hari, Tanggal : Minggu, 5 Oktober 2014

Waktu : Pukul 14.00 – 16.00 WIB

Tempat : Balai Kota Jakarta – Jl. MH. Thamrin – Monas

Konsep Acara : Fun, Creative, Inspirative, Edutainment dan Artistic

Pengunjung : Warga Jakarta & sekitarnya

Konsep Kreatif : Colorful, Meaningful, Fun for Everyone

Program Acara : Karnaval Wastra Batik Betawi & Batik Nusantara, Karnaval Mobil Hias, Karnaval Kreasi Seni & Budaya Pelajar Jakarta dan Karnaval Batik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

 

KONSEP ACARA

Fun – Acara Jakarta Batik Carnival menghadirkan kegembiaraan bagi seluruh warga Jakarta dan sekitarnya. Warga diharapkan hadir bersama keluarganya untuk menikmati hiburan bernuansa budaya berbentuk karnaval

Creative – Kreatifitas para pekerja seni budaya dan para pelajar akan berbaur menjadi satu menghadirkan acara yang menarik dan penuh manfaat. Keterlibatan para pelajar dan pemuda Jakarta dalam Jakarta Batik Carnival akan memberikan daya semangat yang tinggi  dan memberikan nuansa berbeda yang membekas dihati setiap orang yang hadir dan terlibat dalam acara ini

Inspirative – Jakarta Batik Carnival akan menjadi inspirasi bagi setiap warga Jakarta dan masyarakat Indonesia untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini. Dan senantiasa berkreasi dan berkarya sebagai wujud dari rasa syukur atas karunia Allah SWT yang telah memberikan tanah air Indonesia yang begitu kaya akan berbagai hal, mulai dari sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya budaya dan sumber-sumber daya lainnya.

Edutainment – Jakarta Batik Carnival akan dikemas dalam bentuk kegiatan yang sarat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang mendidik, sekaligus menghibur melalui beragam kreatifitas seni dan budaya yang ditampilkan.

Artistic – Kemampuan para pekerja seni yang berkolaborasi dengan para pelajar akan menampilkan beragam sajian artistik yang menarik dan memberikan inspirasi serta memberikan kesan mendalam bagi setiap orang yang hadir dan terlibat dalam kegiatan penuh manfaat ini.

 

PROGRAM ACARA

Karnaval Wastra Batik Betawi & Batik Nusantara

Melibatkan berbagai elemen komunitas, program ini akan menghadirkan beragam kreasi dari para pencinta batik dari beberapa kota yang telah sukses menyelenggarakan karnaval-karnaval budaya. Melalui progam ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi warga yang hadir dalam Jakarta Batik Carnival.

Peserta : Solo Batik Karnaval, Jember Fashion Festival, Kampoeng Batik Palbatu

Jumlah : 5 kelompok

 

Karnaval Mobil Hias

Memeriahkan suasana karnaval, akan hadir beragam mobil hias yang menampilkan kreasi dan karya seni untuk menghibur para warga Jakarta yang hadir.

Peserta : Kelompok masyarakat, perusahaan BUMN dan swasta serta sponsor

Jumlah : 30 perusahaan

 

Karnaval Kreasi Seni & Budaya Pelajar Jakarta

Kolaborasi para pekerja seni dan budaya dengan para pelajar dan mahasiswa Jakarta akan menghadirkan sajian menarik yang akan menggambarkan semangat dalam melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa, khususnya dalam budaya Batik Jakarta.

Peserta : Pelajar Jakarta (SD, SMP, SMA & SMK) dan Mahasiswa

Jumlah : 1.000 orang

 

Karnaval Batik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Kehadiran adik-adik Pendidikan Anak Usia Dini akan menjadi daya tarik tersendiri terhadap Jakarta Batik Carnival kali ini, yang menyiratkan kecintaan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa terhadap Batik Betawi dan Batik Nusantara.

Peserta : Anak-anak PAUD se-Jakarta

Jumlah : 500 anak

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *