Ngebatik Sekampung – 2 Oktober 2013

Ngebatik Sekampung - 2 Oktober 2013

Batik Indonesia sudah ada sejak abad XIII, merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita, konon mengawali tradisi membatik di atas daun lontar. Warisan adiluhung tersebut telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda tingkat dunia pada 2 Oktober 2009. Kita patut mensyukurinya. Kini batik Indonesia kian berkembang dalam bentuk dan corak warna yang kian beragam.

Batik tidak hanya terbatas sebagai pakaian formil, namum mampu dikenal sebagai busana elegan dan muncul ke berbagai kalangan dan kelas sosial. Batik telah masuk dan berkontribusi dalam perkembangan dunia fesyen. Para desainer pun penuh semangat berkreasi dan memunculkan seni batik Indonesia di dunia internasional.

Kampoeng Batik Palbatu yang sejak tahun 2010 telah secara intens mengajak warganya untuk melestarikan dan mengembangkan batik melalui beragam kegiatan, secara konsisten setiap tahunnya berupaya mengajak semakin banyak orang untuk turut terlibat dan berpartisipasi memberikan edukasi dan inspirasi kepada seluruh warga, khususnya Jakarta, agar semakin mencintai batik dan memanfaatkannya untuk berbagai hal. Melalui kreatifitas seni dan budaya, tahun ini, bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Kampoeng Batik Palbatu kembali mengajak segenap warganya dan juga warga Jakarta serta sekitarnya untuk mengambil bagian dalam pelestarian dan pengembangan batik. Kegiatan tahun ini yang kami beri nama ”Ngebatik Sekampung” diharapkan dapat menjadi ajang inspiratif bagi Jakarta dan sekitarnya, sehingga batik akan semakin dicintai dan lestari adanya.

Anak-anak Ngebatik di Jalan

Tujuan

  1. Mengenalkan masyarakat lebih dekat kepada batik yang telah diakui dunia sebagai warisan kekayaan dunia
  2. Memberikan inspirasi sebagai lingkungan yang dapat mendekatkan masyarakat kepada budaya batik
  3. Menjadikan daerah Palbatu dan sekitarnya sebagai wisata edukasi batik andalan Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, dan lebih khusus lagi Kecamatan Tebet, Kelurahan Menteng Dalam

Ngebatik di Jalan

Program

Nama Acara  :  Ngebatik Sekampung

Tema Acara :  Batik Untuk Semua

Hari :  Rabu – Minggu

Tanggal  :  2-6 Oktober 2013

Waktu :  Pukul 08.00 – 17.00 WIB

Tempat :  Kampoeng Batik Palbatu, Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet Jakarta Selatan

Konsep Acara : Fun, Creative, Inspirative, Edutainment dan Simple

Pengunjung : Warga Jakarta & sekitarnya

Konsep Kreatif : Colorful, Meaningful, Fun for Everyone

Program Kegiatan : Membatik di Jalan, Membatik di Dinding, Belajar Membatik (Mencanting di atas jalan yang telah dimotifi batik)

 

Program Kampoeng : Launching Workshop Batik Warna Alam, Launching Website www.kampoengbatikpalbatu.com, Launching Koperasi Kampoeng Batik Palbatu

Warga Jakarta Belajar Membatik

Konsep Acara

Fun – Acara ”Ngebatik Sekampung” menghadirkan kegembiaraan bagi seluruh warga Jakarta dan sekitarnya. Warga diharapkan hadir bersama keluarganya untuk menikmati hiburan bernuansa budaya

Creative – Kreatifitas para pekerja seni budaya dan para pelajar akan berbaur menjadi satu menghadirkan acara yang menarik dan penuh manfaat. Keterlibatan para pelajar dan pemuda Jakarta dalam ”Ngebatik Sekampung” akan memberikan daya semangat yang tinggi  dan memberikan nuansa berbeda yang membekas dihati setiap orang yang hadir dan terlibat dalam acara ini

 

Inspirative – ”Ngebatik Sekampung” akan menjadi inspirasi bagi setiap warga Jakarta dan masyarakat Indonesia untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Edutainment – ”Ngebatik Sekampung” akan dikemas dalam bentuk kegiatan yang sarat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang mendidik, sekaligus menghibur melalui beragam kreatifitas seni dan budaya yang ditampilkan.

 

Simple – Seluruh rangkaian kegiatan akan dibuat sesederhana mungkin, sehingga dapat mengundang partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat dan semua tingkatan umur.

Berfoto dengan Hasil Karya Batik

Program Kegiatan

Membatik di Jalan – Pada kesempatan perayaan Hari Batik Nasional 2013 kali ini, rekor MURI yang pernah diraih oleh Kampoeng Batik Palbatu akan dilakukan pengecatan ulang. Kolaborasi antara para pekerja seni dengan warga dan para pelajar Jakarta, akan mewarnai program kegiatan ini.

Membatik di Dinding – Melanjutkan program kegiatan sebelumnya, Kampoeng Batik Palbatu kembali akan melakukan perbaikan lingkungan dalam bentuk pengecatan dengan motif batik. Kegiatan ini diharapkan dapat kembali menjadi ajang pemecahan rekor MURI berupa pengecatan dinding dengan motif batik terbanyak.

Belajar Membatik : Mencanting di atas jalan yang telah dimotifi batik

Melalui program Belajar Membatik, Kampoeng Batik Palbatu akan memberikan kesempatan kepada seluruh warga Palbatu dan sekitarnya, khususnya para Ibu-ibu PKK dan anak-anak serta para remaja dilingkungan RW 4 Kelurahan Menteng Dalam untuk dapat Belajar Membatik.

Peluncuran Batik Warna Alam – Bertepatan dengan Hari Batik Nasional 2013, Kampoeng Batik Palbatu akan meluncurkan beberapa program, yaitu Workshop Batik Warna, website kampoengbatikpalbatu.com dan Koperasi Kampoeng Batik Palbatu

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *